Selasa, 18 November 2014

Zat Aditif Pada Sabun, Sampo, dan Pasta Gigi Dapat Menyebabkan Kanker & Penyakit Liver

Zat aditif yang terdapat pada kebanyakan sabun cair dan produk rumah rumah tangga lainnya memiliki pengaruh yang dapat menyebabkan kanker. Meskipun telah digunakan secara luas, peneliti mengidentifikasi konsekuensi serius dari penggunaan bahan kimia dalam jangka panjang.

Triclosan merupakan antimikroba yang umum ditemukan pada sabun, sampo, pasta gigi, dan produk rumah tangga lainnya


Penelitian yang dipublikasikan di jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences ini menunjukkan bahwa triclosan dapat menyebabkan fibrosis hati dan kanker pada uji coba dengan tikus lab.

Fibrosis hati merupakan peradangan persisten yang menyebabkan luka pada jaringan fibrosa di sekitar sel hati dan pembuluh darah. Hal ini dapat menyebabkan sirosis yang dapat membuat hati berhenti berfungsi.

Namun, para peneliti menekankan temuan tersebut juga dapat terjadi pada manusia Laporan terbaru mengatakan hal tersebut dapat mengganggu hormon dan merusak kontraksi otot. Para ahli khawatir karena saat ini triclosan digunakan dalam berbagai peralatan mandi dan kosmetik rumah tangga.

Masalahnya, sabun antibakteria lebih menargetkan bakteri daripada virus. Padahal, virus merupakan hal yang menyebabkan terjadinya sebagian besar penyakit, seperti pilek dan flu. Hal efektif yang terbukti secara ilmiah untuk membunuh bakteri adalah dengan menggunakan sabun biasa, dan menjaga kebersihan makanan dan dapur.

Bukti yang ada menunjukkan anak-anak yang menggunakan triclosan dalam jangka waktu lama dapat menimbulkan alergi, termasuk demam, menurut penelitian Journal of Allergy and Clinical Immunology tahun 2012 dan Enviromental Health Perspectives pada tahun 2011.

Beberapa penelitian menunjukkan zat aditif dalam sabun antibakteri memiliki peranan dalam masalah resistensi, yang merupakan masalah kesehatan masyarakat yang terus berkembang


Penelitian ini  menunjukkan triclosan dapat menghancurkan dengan mengganggu protein yang bertanggungjawab untuk detoksifikasi. Penggunaan triclosan dan fibrosis hati akan menyebabkan pembentukan tumor. Dr Bruce mengatakan, hal ini dapat dikurangi dengan menghilangkan penggunaan triclosan. Penggunaan triclosan dalam jumlah kecil juga dapat mempertahankan kesehatan. Pada bulan Mei, sebuah penelitian menemukan penggunaan bahan kimia dalam produk rumah tangga dapat merusak sperma.


Sumber: Dailymail

0 komentar:

Posting Komentar