Sabtu, 22 November 2014

Cacing Pita Hidup di Dalam Otak Seorang Pria

Dokter di Inggris mengalami kesulitan mencari tahu penyebab sakit kepala yang diderita seorang pria Cina dan mengganggu indera penciumannya. Setelah melalui tahap pengujian, pria berusia 50 tahun ini dinyatakan negatif terhadap penyakit. Hingga dilakukan scan otak yang menunjukkan gejala aneh. Hidup cacing pita yang tinggal di dalam otaknya. Aneh!

Parasit tersebut berukuran panjang sekitar 1 cm dan membuat lubang terowongan 5 cm di dalam otak manusia sebelum ahli bedah mengeluarkannya pada tahun 2012. Kini, pria tersebut telah sembuh dari infeksi. 

Selama 4 tahun, cacing berpindah 5 cm dari bagian kanan otak ke bagian kiri


Peneliti mengidentifikasi parasit tersebut sebagai Spirometra erinaceieuropaei, spesies langka dari cacing pita biasanya ditemukan di Cina, Kore Selatan, Jepang dan Thailand. Sebanyak 300 kasus infeksi cacing yang dilaporkan menyerang manusia.

Peneliti percaya bahwa Spirometra erinaceieuropaei terbawa dari memakan krustasea dan reptil atau dari menggunakan pengobatan Cina untuk mata yang terbuat dari katak.

"Kami tidak berharap untuk melihat penyakit ini di Inggris," kata Dr. Effrossyni Gkrania-Klotsas, peneliti penyakit menular di Addenbrooke's NHS Trust di Cambridge.

Kebanyakan parasit cacing pita yang menginfeksi manusia dan hewan termasuk Spirometra erinaceieuropaei hidup di dalam usus, menyebabkan beberapa gejala. Kasus ini jarang terjadi, cacing pita bisa membuat jalan ke otak.

Ini adalah gambaran yang diperbesar dari cacing dan jaringan otak



Sumber: Huffingtonpost

0 komentar:

Posting Komentar