Selasa, 18 November 2014

Inilah Aktivitas Yang Terjadi Pada Tubuh Sepanjang Waktu

Malam merupakan waktu ketika kondisi tubuh melemah, karena tubuh menginginkan istirahat dan menyiapkan diri untuk hari yang baru. Tapi banyak proses dari tubuh yang aktif dan tidak terlihat saat malam hari. Satu alasan untuk hal ini adalah setiap sel di dalam tubuh memiliki gerakan sirkadiannya sendiri, jadi fungsi tertentu diprogram untuk bekerja pada malam hari.

Memaksa mata Anda bekerja saat malam hari dapat merusak kesehatan mata, tetapi saat malam kita menggunakan sel rod fotoreseptor dalam retina yang berfungsi untuk melihat dalam gelap


"Ada jam sirkadian di tengah otak," kata Victoria Revell, ahli Kronobiologi di University of Surrey.
"Struktur ini disebut inti suprachiasmatic (SCN), yang bertindak sebagai konduktor, sedangkan jam sirkadian yang berada di tepi disebut orkestra. Sistem ini diatur dalam beberapa bagian dari pelepasan hormon melatonin ketika keadaan gelap, yang memberikan tanda bagi tubuh saat malam tiba, dan memberikan rasa kantuk."
Inilah yang terjadi pada tubuh ketika malam hari, ketika menjalani rutinitas sehari-hari, waktu adalah segalanya:

Pukul 3AM adalah waktu saat terjadinya regenerasi kulit
Sebagian besar kondisi tubuh mengalami penurunan pada pukul 8pm. Misalnya, tekanan darah mulai menurun, detak jantung, laju pernapasan dan produksi urin mencapai titik terendah sekitar pukul 3am sampai 4am.
Hal ini memungkinkan tubuh untuk menghemat energi. 
"Anehnya, hal ini juga terjadi ketika produksi sel kulit mencapai puncaknya," kata Jim Horne, direktur Sleep Research Centre at Loughborough University.
Namun, ketika Anda terbangun dan melakukan olahraga berat, akan menunda proses tersebut dengan mengalihkan energi.
Tahun lalu, peneliti dari Centre for Genomic Regulation, Spanyol, menemukan gen paling aktif memproduksi sel kulit pada malam hari, yang melindungi kita dari matahari, mengganggu proses ini dapat menyebabkan keriput dini pada kulit.

Kenapa Anda merasa kedinginan saat pagi hari
Sepanjang malam, suhu tubuh mengalami penurunan dari rata-rata 37C ke tahap yang lebih rendah, memungkinkan kita untuk menghemat energi.
"Suhu tubuh mencapai titik paling rendah pada pukul 3am-4am dan mengalami kenaikan saat menjelang bangun tidur," kata Prof Horne.
Hal ini cukup untuk mendapatkan dampak fisiologis yang signifikan.
"Anda merasakan tingkat kewaspadaan yang rendah ketika suhu tubuh berada pada titik terendah, semakin hangat maka makin cepat pula mengalami perubahan suhu tubuh," kata Prof Horne.
Penelitian menunjukkan orang yang tetap terjaga sepanjang malam akan merasa lelah pada pukul 4am-6am, tetapi akan semakin waspada ketika pukul 10am walaupun tidak memiliki tidur yang cukup.
Demikian pula yang terjadi pada otot yang melemah pada malam hari, dikarenakan suhu yang mulai turun dan juga menurunnya aliran darah, kata Russel Foster, profesor neuroscience sirkadian di Oxford University.

Telat makan dapat menyebabkan sembelit

Jika Anda makan saat tengah malam, proses pencernaan tidak akan sempurna. Perpindahan usus akan melambat, dan aktivitas enzim yang mengolah makanan berkurang


"Ketika Anda tidur, saluran pencernaan menjadi tidak aktif, kerja usus mulai melambat saat tengah malam, dan hati mulai bekerja, seperti membebaskan kalori untuk menjaga organ vital tetap berdetak," kata Anton Emmanuel, konsultan pencernaan di University College Hospital, London.
"Jika Anda makan saat tengah malam, proses pencernaan tidak akan sempurna. Perpindahan usus akan melambat, dan aktivitas enzim yang mengolah makanan berkurang. Semua ini dapat menyebabkan sembelit dan nyeri perut. Tidur disaat perut dalam keadaan penuh juga dapat menyebabkan masalah bagi penderita maag. Setidaknya makan 2 jam sebelum tidur."

Lampu saat malam dapat merusak mata Anda
Memaksa mata Anda bekerja secara berlebihan dapat mengganggu kesehatan mata. Saat siang, kita menggunakan sel kerucut pada mata, fotoreseptor membuat kita dapat melihat warna dalam kondisi cerah. Saat malam hari, kita menggunakan sel batang, fotoreseptor memungkinkan kita melihat dalam gelap. Pupil tidak merespon cahaya dengan baik saat malam.
"Mata Anda telah berevolusi untuk dapat melihat dalam kegelapan, sehingga cahaya saat malam hari dapat merusak mata," kata Stuart Peirson, profesor ilmu saraf di Oxford University.

Minum obat sebelum tidur dapat melindungi hati Anda

Peneliti menemukan mereka yang meminum obat tekanan darah sebelum tidur memiliki kontrol tekanan darah yang lebih baik dan mengurangi risiko serangan jantung atau stroke dibandingkan mereka yang meminumnya saat pagi hari


Penelitian di Spanyol menemukan orang yang meminum obat tekanan darah sebelum tidur memiliki kontrol tekanan darah yang lebih baik dan mengurangi risiko serangan jantung atau stroke dibandingkan mereka yang meminumnya pada pagi hari.
Hal ini dapat memberikan arteri waktu untuk beristirahat.

Tidur membantu otak membersihkan racun
Sebagian dari otak aktif pada saat Anda tidur. Siang hari, otak mendapatkan banyak informasi. 
"Hal ini membuat penyimpanan sementara untuk informasi tersebut, ketika tidur, otak memindahkan informasi tersebut ke dalam memori dan menganalisa apa yang harus dilakukan dengan informasi tadi," kata Prof Foster.
Penelitian ini juga menunjukkan otak dapat menggunakan waktu tidur untuk membersihkan racun yang didapat saat aktivitas di siang hari. Penelitian tahun 2013 yang dipublikasikan dalam jurnal Science, yang menunjukkan sel otak menyusut saat tidur dan membuka celah bagi sel saraf untuk membersihkan otak.

Kenapa serangan jantung sering terjadi pada dini hari
Banyak penyakit menjadi lebih buruk pada malam hari. Kebanyakan serangan jantung terjadi pada pukul 4am.
"Hal ini berkaitan dengan tekanan darah yang lebih rentan terhadap pembekuan di malam hari, mungkin dikarenakan oleh perubahan hormon pada tubuh selama 24 jam. Faktor lain mungkin karena tekanan darah menurun pada malam hari, sehingga pasokan oksigen dan glukosa ke jantung lebih rendah," kata Prof Foster.

Kurang Hormon Pertumbuhan

Pada wanita, hormon follicle-stimulating hormone (FSH) dan luteinising hormone (LH) yang mengatur ovarium dan mengendalikan sistem reproduksi dilepaskan pada malam hari


Hormon tertentu akan lebih lama aktif ketika masuk waktu malam, kata ahli endokrinologi Steve Ball.
"Kita menciptakan sebagian besar hormon pertumbuhan pada malam hari, ketika sedang lelap tidur. Kurang tidur juga dapat mempengaruhi perkembangan anak-anak," tambahnya.
Bagi orang dewasa, hormon pertumbuhan terkait dengan lemak di sekitar perut, mungkin sebagian besar hormon berperan dalam metabolisme tubuh yang sehat. Pada wanita, hormon follicle-stimulating hormone (FSH) dan luteinising hormone (LH) yang mengatur fungsi ovarium dan sistem reproduksi dilepaskan pada malam hari.

Jet Lag membuat tubuh merasa bingung
Tubuh mengalami ketidaksesuaian antara zona waktu dan waktu kerja di dalam tubuh.
"Jika Anda berpindah ke zona waktu dengan perbedaan delapan jam, kemungkinan organ dalam tubuh masih bekerja sesuai dengan zona waktu sebelumnya, hal ini dapat menjadi masalah. Jadi mungkin Anda merasa lapar ketika sistem pencernaan Anda tidak siap untuk mengolah makanan atau Anda merasa lelah tetapi kandung kemih Anda penuh dengan urin yang dapat mengganggu tidur Anda," kata Prof Foster.


Sumber: Dailymail

0 komentar:

Posting Komentar